Cara Mengatasi Kucing Yang Tidak Mau Makan - Berkucing

Breaking

Sponsor

Sunday, September 14, 2014

Cara Mengatasi Kucing Yang Tidak Mau Makan

Cara Mengatasi Kucing Yang Tidak Mau Makan- Kadang kala kucing yang kita pelihara (persia, anggora, kampung, ras lain) tidak mau makan, nah kita jadi galau dech. Nah alangkah baiknya kita simak artikel dibawah ini untuk mengatasinya.Berbeda dengan anjing atau binatang lain, sangat berbahaya bagi kucing jika tidak makan satu hari saja. Pada binatang yang tidak makan, energi untuk banyak sekali proses fisiologi badan tetap tersedia dari pembakaran lemak yang disimpan di jaringan tubuh. Tetapi proses pembakaran lemak menjadi energi pada badan kucing sangatlah tidak efisien. Pada ketika pembakaran lemak tersebut, ada semacam perubahan metabolisme pada si kucing yang menimbulkan kerusakan jaringan organ hati yang disebut hepatik lipidosis.

Cara Mengatasi Kucing Yang Tidak Mau Makan Cara Mengatasi Kucing Yang Tidak Mau Makan

Banyak sekali yang menjadi pemicu si kucing persia anda menjadi tidak mau makan. Paling sederhana sanggup saja sebab kucing sedang telah merasa boring (bosan) dengan kuliner yang sering kita diberikan. Penyebab lain yang lebih parah dan ditakuti yaitu sakit. Nafsu makan pada kucing sakit akan berkurang atau bahkan hilang sama sekali. Tindakan yang terbaik jika kucing tidak mau makan, segera temui dokter binatang dan konsultasikan problem kucing anda.
Untuk sementara beberapa tindakan sederhana berikut sanggup dilakukan untuk mengatasi nafsu makan yang hilang, tetapi jika terus berlanjut segera bawa kucing anda ke dokter hewan.

Pancing nafsu makan kucing

Kadang-kadang kucing agak sedikit malas-malasan  dan manja. Coba sodorkan kuliner (piring makanan) ke depan hidungnya atau masukkan sedikit kuliner ke dalam mulutnya dan lihat apakah nafsu makannya terbangkitkan. Cara ini sanggup dicoba beberapa kali, jika tidak berhasil juga gunakan cara berikutnya.

Campur & ganti  makanan kucing

Cara mengatasi kucing yang tidak mau makan yang lain yaitu : Seperti manusia, kucing pun sanggup bosan terhadap kuliner yang sama setiap hari. Beberapa kuliner kucing komersial yang kering (berbentuk biskuit kecil) memang kurang mempunyai bacin dan rasa yang membangkitkan selera. Hal ini sanggup dicoba diatasi dengan menunjukkan kuliner berair atau kuliner kalengan yang memang mempunyai aroma dan rasa yang lebih kuat. Bila kucing mau makan kuliner berair tersebut, coba campurkan kuliner kering dengan kuliner basah. Makanan kalengan (basah) sebaiknya tidak diberikan setiap hari untuk jangka panjang sebab selain nutrisinya tidak mencukupi juga sanggup mempercepat pembentukan plak atau karang gigi.
Berbagai produk kuliner kucing kalengan untuk kucing anggora telah ada banyak tersedia di pasaran/ petshop, dari yang harganya murih sampai yang berbanderol mahal. Perhatikan pula kandungan dari tiap merek makanan. Makanan yang sering dijumpai menyerupai whiskas & friskies biasanya cukup untuk merangsang nafsu makan. Bila ingin lebih baik sanggup diberikan kuliner dengan merek Science Diet (Hills) atau jika ingin lebih baik sanggup diberikan kuliner khusus “Science Diet a/d" (Science Diet Prescription a/d). Selain  rasa dan aroma yang lebih merangsang, nutrisi “Science Diet a/d" juga lebih baik & lebih lengkap. Perlu diingat kuliner khusus “Science Diet a/d" hanya untuk diberikan sekali-sekali, bukan untuk kuliner setiap hari.
Suapi kucing
Menyuapi kucing sanggup dengan tangan, sendok kecil atau lebih gampang memakai syringe (spoit/suntikan) tanpa jarum. Makanan yang diberikan yaitu kuliner basah. Makanan berair ini bisa  berupa :
  • kuliner kalengan
  • kuliner kering yang direndam air hangat dahulu, kemudian  sesudah lunak dihancurkan dengan sendok atau blender
  • adonan kuliner kalengan dengan kuliner kering yang sudah dihancurkan
    suapi kucing sambil sesekali sodorkan kuliner pada prirng makannya untuk melihat apakah kucing sudah mau makan sendiri. Hati-hati jika menyuapi dengan memakai syringe. Pegang kepala atau indera pendengaran kucing, masukkan syringe berisi kuliner cair dari samping (ujung samping mulut), tekan syringe pelan-pelan biar kucing sanggup mengunyah dan menelan kuliner dengan baik. Syringe berisi kuliner jangan disemprotkan kedalam lisan kucing sebab sanggup menimbulkan kucing tersedak makanan.

Beri vitamin & perangsang nafsu makan

Beberapa perhiasan atau vitamin sanggup diberikan sebagai perangsang nafsu makan. Vitamin yang paling sederhana dan gampang di sanggup biasanya vitamin B kompleks. Vitamin ini sanggup diberikan dalam bentuk tablet atau sirup.
Suplemen lain yang sanggup diberikan yaitu asam amino lisin (Lysine). Selain sanggup merangsang nafsu makan, lisin juga sanggup mengganggu replikasi/perkembangan virus herpes penyebab penyakit Feline Rhinotracheitis (Flu Kucing).
Carilah perhiasan & vitamin ini di apotik terdekat. Biasanya lisin dan B kompleks banyak tersedia sebagai perhiasan untuk anak-anak, menyerupai Biolysin ® Syrup, Lysmin ® (mengandung lisin & vitamin B kompleks), Becombion ® syrup (B kompleks). Biasakan memberi vitamin bersamaan atau beberapa menit sesudah makan. Apalagi pada kucing yang tidak makan seharian, santunan perhiasan yang tidak didahului santunan kuliner sanggup mengiritasi lambung dan menimbulkan muntah. Konsultasikan cara santunan dan takaran perhiasan ini dengan dokter binatang langganan anda.
Pemberian perhiasan menyerupai lisin dan B kompleks gres akan kuat meningkatkan nafsu makan beberapa hari sesudah diberikan terus menerus setiap hari. Bila ingin yang kuat lebih cepat (instan), hubungi dokter binatang langganan anda dan mintalah obat perangsang nafsu makan (appetite stimulant) menyerupai diazepam (valium takaran 0.05-0.2 mg/kg IV sid-qod atau 0.5 - 1 mg PO sid *).
Diazepam yaitu obat keras yang sanggup mempengaruhi sentra rasa lapar di otak. Reaksi obat ini cukup cepat sekitar 10-15 menit sesudah diberikan secara oral. Oleh sebab itu segera sediakan kuliner di bersahabat kucing  biar ia sanggup segera makan begitu obat bereaksi. Karena adanya imbas ketagihan (adiktif) sebaiknya diazepam tidak diberikan lebih dari 2 kali berturut-turut.
Tube feeding
Tube feeding ialah santunan makan pribadi ke dalam perut si kucing melalui selang. Biasanya dilakukan oleh dokter binatang pada binatang yang sedang mengalami sakit yang tidak sanggup mengunyah dan menelan kuliner sedikit pun. Tube feeding ini juga sering dilakukan pada anak kucing yang tidak disusui induknya dan tidak sanggup menyedot susu dari dot.

Referensi
* Rhea V. Morgan, DVM. AAHA American Animal Hospital Association. Formulary Third edition. 1988.
Itulah artikel soal  Cara Mengatasi Kucing Yang Tidak Mau Makan. baca juga Vaksinasi Kucing .

No comments:

Post a Comment