Cara Menyikat Gigi Kucing Persia Anggora Anda - Berkucing

Breaking

Sponsor

Saturday, September 13, 2014

Cara Menyikat Gigi Kucing Persia Anggora Anda

Cara Menyikat Gigi Kucing Persia Anggora Anda- Jika anda mempunyai kucing persia atau anggora, tentunya harus dibersihkan pula giginya, hal ini termasuk dalam perawatan untuk si kucing bagus yang anda miliki tersebut. Di bawah ini petunjuk cara melaksanakan sikat gigi pada kucing persia anda.
Cara Menyikat Gigi Kucing Persia Anggora Anda Cara Menyikat Gigi Kucing Persia Anggora Anda

  1. Lakukan pemilihan waktu & daerah yang tepat
    Carilah waktu & daerah rutin dimana anda dan kucing persia / anggora yang anda pelihara merasa damai dan nyaman untuk melaksanakan ritual pencucian gigi.
  2. Siapkan alat & bahan
    Yang paling utama yaitu pasta gigi/gel yang dipakai untuk membersihkan gigi si kucing. Pasta gigi/gel ini sanggup didapat di petshop-petshop, cari yang tidak pedas/rasa mint yang tidak berlebihan dan kondusif kalau ditelan. Lebih baik lagi pasta gigi dengan rasa makanan. Sikat gigi untuk kucing majemuk jenis dan merknya mulai dari yang ditempelkan di ujung jari sampai yang terdiri dari 3 sisi sikat (bisa menyikat permukaan gigi bab luar, dalam dan atas sekaligus). Menggunakan lap/kain bergairah yang dijahit/dibentuk supaya ibarat "sarung" untuk jari telunjuk pun cukup.
    Cara Menyikat Gigi Kucing Persia Anggora Anda Cara Menyikat Gigi Kucing Persia Anggora Anda
    sikat gigi model jari
  3. Biasakan kucing dengan proses menyikat gigi .
    Tidak setiap kucing menikmati giginya dibersihkan, apalagi yang gres pertama kali dibersihkan. Kucing yang dari kecil sudah terbiasa giginya dibersihkan biasanya menikmati proses pencucian ini. Bahkan mereka merasa tidak nyaman kalau giginya tidak dibersihkan. biasakan mulutnya dibuka.
    Tekan ujung kedua sudut verbal dengan jari tengah dan jempol. Tangan satunya membuka/menarik ujung depan rahang bawah. Biasakan kucing dengan proses ini sekaligus membiasakan anda dengan teknik tersebut.
    Atau sanggup juga dengan cara pribadi membuka pipi dari samping, tanpa harus membuka rahang.
    biasakan pasta gigi/gel & sentuhan jari pada gigi/gusi.
    Oleskan pasta gigi/gel keseluruh permukaan gigi dan perbatasan gigi-gusi, sambil memijat-mijat bab tersebut dengan jari.
    biasakan dengan sentuhan sikat gigi.
    Setelah terbiasa dengan pasta gigi/gel dan sentuhan jari pada gigi/gusi, kemudian sanggup diperkenalkan dengan sikat gigi. Setelah dioleskan pasta gigi/gel, sikat gigi dengan gerakan sirkular/memutar.
    Pada awalnya tidak perlu seluruh gigi disikat, cukup gigi taring dan 1-2 gigi disampingnya. Proses ini perlu dilakukan setiap hari supaya terbiasa. Hari berikutnya, sehabis lebih terbiasa jumlah gigi yang dibersihkan sanggup ditambah sampai seluruh gigi sanggup dibersihkan.
    Cara Menyikat Gigi Kucing Persia Anggora Anda Cara Menyikat Gigi Kucing Persia Anggora Anda Cara Menyikat Gigi Kucing Persia Anggora Anda Cara Menyikat Gigi Kucing Persia Anggora Anda
    Cara Menyikat Gigi Kucing Persia Anggora Anda Cara Menyikat Gigi Kucing Persia Anggora Anda
  4. Hentikan proses menyikat gigi ketika kucing masih menikmatinya. Setelah terbiasa dibutuhkan sekitar 30 detik untuk membersihkan gigi di bab samping. Anda tidak perlu terlalu merisaukan kebersihan sisi gigi bab dalam. Sekali-sekali bab dalam memang perlu dibersihkan. Pembentukan karang gigi pada sisi bab dalam jauh lebih lambat dari sisi luar.
  5. Hentikan segera proses pencucian gigi kalau kucing mulai terlihat stress. Bila dipaksa, berikutnya kucing akan lebih susah di kendalikan. Berikan penghargaan berupa pujian, belaian atau bahkan kuliner kesukaannya kalau kucing berlaku baik pada ketika pencucian gigi.
  6. Pada awalnya proses pencucian gigi sanggup menciptakan anda & kucing stress. Setelah terbiasa, proses tersebut menjadi hal yang menyenangkan. Selamat menyikat gigi !
     
    drh. Neno Waluyo S,2007

No comments:

Post a Comment